Kumpulkan dana tunai

Bank biasanya mensyaratkan besarnya cicilan rumah sebaiknya tidak lebih dan sepertiga penghasilan atau gail kotor. Akan lebih balk lagi jika Anda tidak sedang mempunyai kewajiban membayar utang di tempat lain, misalnya cicilan mobil/motor! elektronik, Jadi jika Anda berpenghasilan 3 (tiga) juta rupiah sebulan, maka besar cicilan maksimal yang dapat Anda angsur adalah 1 (satu) juta rupiah sebulan. Ini ideal menurut perhitungan bank. Karena itu sebelum mengajukan aplikasi KPR ke bank sebaiknya Anda sudah membereskan semua cicilan dan utang Anda di tempat lain agar rekening terlihat lebih kredibel. Dengan keseimbangan utang dan penghasilan ini, Anda tidak akan terbebani. Bank pun akan menganggap Anda dalam zona ‘aman’ sebagai seorang debitur.

Jika Anda belum memiliki uang tunai sebesar keseluruhan harga rumah, setidaknya Anda harus menyiapkan dana tunai untuk uang muka atau down payment (DP) dan biaya transaksi pembelian. Pemberi pinjaman (bank) biasanya hanya menyetujui pinjaman sebesar 70-75% dan nilai properti. Sisanya adalah dana tunal dan Anda sang debitur sebagal uang muka. Adapun blaya transaksi yang harus disiapkan besarnya antara 5-7% dan total nilai transaksi. Komponen-komponen biaya yang tercakup dl clalamnya akan dijelaskan di bab lain.

Walaupun sudah banyak sumber informasi perumahan yang trrsedia (buku, majalah dan Internet) untuk memandu Anda membeli rumah sendiri tanpa bantuan agen property, tetapi sesungguhnya menggunakan jasa mereka memberikan keuntungan tersendiri.

About these ads

One response to “Kumpulkan dana tunai

  1. Terima kasih informasinya. Emang lagi pingin cari tahu tentang beli rumah nyicil :D.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s